Info Buku

Saturday 12 February 2011


Judul Buku : Sketsa Pemikiran Politik Islam
Editor : Akhmad Satori dan Sulaiman Kurdi
Penulis : Akhhmad Satori, dkk.
Penerbit : Politeia Press Yogyakarta (2007)
Tebal : xii + 285 hlm : 14.5 x 21 cm
ISBN : 978-979-15776-1-8
Sistem politik saat ini sangat didominasi oleh sistem politik Barat. Konsep nation state seakan menjadi sistem politik mainstream, dominan dan tak tergoyahkan. Padahal sistem ini baru muncul setelah Barat mencapai masa kebangkitan (aukflarung) pada sekitar abad ke-17 Masehi dan established setelah Turki mengalami kekalahan pada Perang Dunia I (1918).
Sejarah tidak bisa menutup mata bahwa sebelumnya terdapat sistem politik yang mendominasi dunia selama kurang lebih 13 Abad lamanya (630 -1924). Sistem politik tersebut adalah politik Islam. Islam sebagai kekuatan politik telah menjadi penguasa Dunia (super power) terlama dalam sejarah perpolitikan manusia. Di samping itu, Islam juga telah mewariskan pemikiran (filsafat) politik yang tak ternilai harganya.

Warisan pemikiran politik Islam kalau disederhanakan bisa dibagi menjadi tiga klasifikasi. Pertama, pemikiran yang menganggap bahwa agama dan negara tidak bisa dipisahkan, Islam adalah Akidah, Ibadah, Muamalah dan semua aspek kehidupan manusia termasuk di dalamnya masalah politik. Tokoh yang mewakili kelomp[ok ini adalah seperti al-Maududi, Hasan al-Banna dan lain sebagainya. Kedua, pemikiran yang menganggap bahwa agama harus terpisah atau tidak memiliki hubungan dengan politik. Pemikiran ini adalah pemkiran sekuler yang dalam tradisi Barat Kristen kita mengenal ungkapan “berikan yang menjadi hak raja, dan berikan pula yang menjadi hak gereja”. Kelompok ini diwakili oleh Ali Abd. al-Raziq. Kelompok ketiga yang mencoba mensintesiskan antara kelompok pertama dan kedua yaitu yang menganggap bahwa tidak benar Islam meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, tetapi tidak benar pula, apabila Islam dikatakan tidak sama sekali mengatur urusan dunia, termasuk di dalamnya urusan politik. Kelompok ini diwakili oleh Muhammad Husain Haikal.
Pemikiran sebagian Tokoh tersebut yang coba diulas dalam buku ini. Buku ini merupakan kumpulan dari tulisan oleh peserta Program Pascasarjana angkatan 2005/2006.
Oleh karena itu, ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya perlu kami sampaikan kepada teman-teman Peserta Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2005/2006, yang dengan bekal “PeDeisme” dan “ Nekatisme” telah berani menerbitkan karya tulisnya. Tak lupa pula ucapan termakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, MA. yang telah mengarahkan kami dalam meniti jenjang akademik dan juga telah bersedia memberikan kata pengantar buku ini.
Semoga penerbitan buku ini bisa memberikan manfaat dan kontribusi ilmiah (contribution to knowledge) dalam menggali khazanah intelktual Islam khususnya dalam aspek politik, Amiiin.


No comments:

 

Most Reading